Rabu, 14 Desember 2011

membuat solarcell sendiri


Cara Membuat Solar Sel Menggunakan Tinanium Dioksida
Oleh: Abdillah, FNU.
Mau bereksperimen membuat solar sel sendiri?. Bagi yang minat dapat mencoba cara berikut. Hati-hati menggunakan bahan kimia dan alat listrik. Ketahui dahulu prosedur aman penggunaannya kalau mau mencoba. Utamakan keselamatan dan gunakan alat pengaman yang baik dan benar.

I. Bahan-bahan
a. Belilah di Toko kimia:
  • Titanium Dioksida (TiO2) 1/4 ons.
  • Iodine (yodium) 1 botol kecil
  • Sebotol Alkhohol ukuran ½ – 1 liter.
b. Belilah di Toko perlengkapan Kulkas
  • selembar Plat tembaga 1mm selebar ½ – 1 meter.
c. Belilah di Toko besi
  • Kawat kecil secukupnya
  • Selembar kaca transparan 3 mm x 20 x 10 cm.
II. Alat-alat:
  • Gunting plat/kawat
  • Pensil 2 B
  • Oven pemanas sampai 500 Celcius
  • Penjepit kertas 8 buah
  • Solder dan Timah
  • Multitester dengan penjepit buaya
  • Gelas ukuran dan pengaduknya
  • Segelas kecil Teh Kental sekali.
III. Cara Membuatnya
  1. Potonglah plat tembaga 1 mm dengan ukuran 20 Cm x 10 Cm. Lalu cucilah dengan sabun kemudian dilap basah dengan alcohol lalu biarkan menjadi kering.
  2. Hitamkan permukaan plat tembaga dengan pensil 2B secara merata hingga semua satu pemukaannya hitam semua.
  3. Tetesi permukaan tembaga yang hitam tersebut dengan larutan iodine (yodium).  Ratakan larutan hingga permukaan hitam plat tembaga menjadi kecoklatan.
  4. Masukan dalam oven dengan suhu 500C selama 2 – 3 menit, lalu keluarkan dari oven dan biarkan agar menjadi dingin kembali.
  5. Buatlah adonan TiO2 dengan mencampurkannya pada alkhohol dalam gelas ukuran. Aduklah hingga rata betul dan tidak menggumpal.
  6. Oleskan dengan kuas adonan TiO2 ke plat pada permukaan yang terkena yodium. Olesan harus merata. Setelah sekali olesan, biarkan mongering dan kemudian ulangi beberapa kali hingga tebal.
  7. Setelah tebal dan kering, masukkan kedalam oven dengan suhu 500C selama 10 menit.
  8. Keluarkan plat dari oven.
  9. Berilah tetesan teh pada permukaan TiO2 pada plat secara merata dan biarkan beberapa jam agar menyerap dan warnanya menjadi ungu. Lalu laplah dengan cairan yang masih tersisa. Kemudian masukkan kembali dalam oven selama 1 menit.
  10. Potong-potonglah kawat sepanjang 21 Cm. Amplaslah agar bersih lalu cuci dengan alkhohol.
  11. Letakkan kawat pada permukaan TiO2 dengan jarak kira-kira 1 cm tiap kawat. Lalu letakkan di atas kawat itu selembar kaca. Jepitlah kaca di tiap sisinya dengan penjepit kertas.
  12. Solderlah ujung-ujung kawat dengan satu kawat memanjang.
  13. Selesailah solar sel yang kita buat.
Untuk mengujinya, tempelkan kutub positif multitester pada bagian bawah tembaga, dan kutub negatifnya pada kawat. Arahkan solar sel ke matahari dengan sebelumnya posisikan saklar multi testes pada DC Voltage 12 Volt. Perhatikan, setelah terkena mata hari. Umumnya dengan luas area solar sel buatan seperti itu akan diperoleh tegangan berkisar 0,1 – 0,9 Volt dan arus sebesar berkisar 5 milliamper.


       semoga apa yg dibuat oleh Bapak Abdillah FNU dapat memotifasi anak2 sekolah untuk trus berexperimant.dan bisa jd acuan sebagai bahan praktikum dan ucapan trima kasi kepada beliau.smoga ada manfaat nya untuk kita smua.

2 komentar:

Rudik Wid mengatakan...

mohon penjelasan yang benar Tinanium Oksida apa Titaniun Dioksida, berapa persen perbandingan voltase dan ampere yang dihasilkan dengan solar sell di pasaran yang sudah jadi?

lekgun mengatakan...

titanium dioksida mas .dengan ukuran 20 Cm x 10 Cm akan diperoleh tegangan berkisar 0,1 – 0,9 Volt dan arus sebesar berkisar 5 milliamper.ini hanya untuk pembelajaran mas klo mau dibuat untuk comersial.mau butuh berapa besar untuk menghasil kan teg 15volt 1 amper saja kira2 ukuran diatas di kali kan teg yg musti dihasl kan ....wahhhh........bakalan repot mas dgn gede nya solarcell ini heheheeh.......

Poskan Komentar

boleh copy paste asal link di ikut sertakan ya????